oleh

Jumat Bersih Cegah Covid, Kapolres Tana Toraja Tinjau Kesiapan Sarana Cegah Covid Mesjid Raya Makale

Zona-Buser.com

Tana Toraja — Aksi jumat bersih digelarkan oleh Polres Tana Toraja di Mesjid Raya Makale sebagai bentuk himbauan pencegahan covid -19 ditengah pelonggaran beribadah. Jumat (26/06/2020) pagi.

Mesjid Raya Makale yang berada tepat di poros utama jantung kota Makale, diketahui juga telah membuka pintu mesjid bagi warga yang akan menunaikan shalat berjamaah sebagaimana surat edaran Bupati Tana Toraja terkait pelonggaran beribadah bagi warga masyarakat di Tana Toraja.

Menyusul meningkatnya pasien covid di berbagai kabupaten lain sebagai konsekwensi dari pelonggaran pembatasan sosial menuju tatanan baru normal life, Polres Tana Toraja lakukan langkah edukasi tata cara penerapan protokoler kesehatan pencegahan covid di rumah ibadah mesjid raya Makale.

Puluhan personil Polres Tana Toraja di turunkan lakukan aksi Jumat bersih di Mesjid Makale, dipimpin oleh Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto, didampingi oleh Kasat Binmas AKP. Ridwan, Kasat Intelkam AKP. Slamet Paryanto dan Kasat Lantas Iptu H. Muh Nawir, berikut 2 perwira pertama Sat Lantas.

Aksi Jumat bersih ini sontak menjadi perhatian dari warga yang berada di sekitar mesjid, bahkan imam mesjid ustadz Gazali pun turut datang menyambangi Kapolres di halaman mesjid usai menyaksikan personil lakukan penyemprotan disinfektan di dalam ruang mesjid yang akan digunakan oleh jamaah untuk shalat berjamaah.

Kasat Binmas, AKP. Ridwan yang di konfirmasi menyebutkan, kehadiran personil Polres Tana Toraja di mesjid raya bertujuan untuk melakukan pembersihan area dalam mesjid, penyemprotan disinfektan, dan sekaligus memeriksa sarana penandaan jarak aman bagi jemaah yang akan melakukan shalat berjamaah.

Kegiatan jumat bersih ini, lanjut AKP. Ridwan, meliputi pemeriksaan sarana penanda jaga jarak aman oleh Kapolres Tana Toraja, penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Aiptu Mustakim, dan pengecekan sarana cuci tangan oleh Bripka Ferdiyan.

Kapolres Tana Toraja saat memeriksa penanda jaga jarak aman di dalam area mesjid raya makale.
Penyemprotan disinfektan oleh Aiptu Mustakim.
edukasi cuci tangan sebelum memasuki area mesjid raya makale oleh bripka Ferdiyan.

Di kesempatan bersua dengan imam mesjid raya Makale, Ustadz Gazali, Kapolres Tana Toraja meminta agar fasilitas screening suhu tubuh juga di sediakan.

Selain dari fasilitas screening, Kapolres, Liliek Tribhawono Iryanto juga berharap kepada ustadz Gazali untuk turut menghimbau warga agar disiplin mematuhi protokoler kesehatan pencegahan covid di rumah ibadah, khususnya di mesjid raya Makale.

Kapolres Tana Toraja saat bersua dengan imam mesjid raya makale, ustadz gazali.

” Saat ini, pelonggaran beribadah sudah dilakukan seiring dengan fase tatanan new normal life, tatanan baru dengan budaya membiasakan warga hidup disiplin menerapkan protokoler kesehatan, namun dibalik pelonggaran itu terdapat pula konsekwensi yang harus kita tanggulangi bersama, yaitu konsekwensi meningkatnya penderita covid lantaran kemungkinan rendahnya kedisiplinan warga untuk proteksi diri masing masing “. Jelas Liliek.

Untuk itu, lanjut Liliek, ” hari ini, Jumat (26/06) bertepatan dengan hari pelaksanaan bakti sosial serentak dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74, saya (Liliek Tribhawono), bersama personil Polres Tana Toraja melakukan bakti sosial pencegahan covid dengan cara melakukan ” bersih bersih ” di Mesjid Raya Makale, sekaligus memastikan Mesjid Raya Makale memenuhi kriteria protokoler pencegahan covid dalam memenuhi kebutuhan beribadah dari warga muslim di Tana Toraja “.

Ucapan terimakasih dilayangkan Liliek Tribhawono selaku Kapolres Tana Toraja kepada segenap pengurus mesjid raya Makale, terkhusus kepada Imam Mesjid Makale , Ustadz Gazali, atas kesedian waktunya menemui dan bersilaturrahmi dalam upaya bersama sama mencegah penyebaran covid di rumah ibadah.

Di kesempatan ini pula, Kapolres Tana Toraja menyerahkan bingkisan Hari Bhayangkara ke-74 kepada pengurus mesjid raya Makale, yang diterima oleh Ustadz Gazali.

Bingkisan Hari Bhayangkara juga di berikan kepada Ketua Muhammadiyah Tana Toraja, yang juga menyempatkan waktu untuk hadir bersama dengan para personil Polres Tana Toraja.

Penyerahan bingkisan Hari Bhayangkara ke-74 kepada pengurus mesjid raya makale, diterima oleh ustadz Gazali.

Atas perhatian dari Kapolres Tana Toraja, Imam Mesjid Raya Makale menghimbau warga muslim dan jemaah mesjid untuk bersama sama mencegah penyebaran covid dengan mematuhi protokoler kesehatan.

Dikutip himbauan Ustadz Gazali, Imam Mesjid Raya Makale, sebagai berikut :

” Kami menghimbau kepada warga muslim di Tana Toraja, agar memperhatikan himbauan himbauan pencegahan covid saat akan melaksanakan ibadah di mesjid, bawalah sajadah sendiri dari rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan ibadah di mesjid, gunakan masker, dan hand sanitiser, dan bagi warga yang dalam keadaan demam, dimohon untuk sementara beribadahnya di rumah saja sampai sudah sehat kembali, dan bagi para musafir, sekiranya untuk sementara tidak singgah di mesjid, silahkan lanjutkan perjalanan dan pedomani petunjuk petunjuk beribadah bagi seorang musafir, ini semua untuk kebaikan kita bersama, mari kita cegah penyebaran covid untuk keselamatan kita bersama.

Sumber : Humas Polres Tana Toraja

Laporan : Sufri

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :